Pantai Kayu Arum

Selalu ada yang seru di Gunkid ya.... Bisa dibilang, ini seperti surganya pantai di Yogyakarta, deh. Soalnya, di sini banyak pantai yang punya pemandangan indah banget yang bikin kita lupa sejenak dengan penatnya dunia.... hahahaha.... Nah, pantai yang akan kita bahas kali ini adalah Pantai Kayu Arum, pantai cantik nan eksotis yang layak dijelajahi.

foto pantai kayu arum gunungkidul jogja
pantai kayu arum gunungkidul jogja (unhde/X)

Pantai Kayu Arum di Gunungkidul mungkin belum se-femes pantai Indrayanti yang sering diserbu wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Tapi, jangan salah, pantai ini punya pesona alam yang nggak kalah keren!

Meski ngga sepopuler pantai lain, tapi buat yang udah pernah datang ke sini, pasti nggak nyesel deh. Meskipun aksesnya agak berat, tapi begitu sampe di pantai, semuanya terbayar kontan di tempat! Pantai ini punya pesona alam yang masih alami, pasirnya putih lembut, bersih, ditambah angin sepoi-sepoi dan ombak yang menghantam karang, bener-bener bikin eksotis.

Lokasi

Lokasi Pantai Kayu Arum ada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Dari Jogja, kurang lebih perjalanan 2 jam. Dekat banget sama Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan, dan Pantai Nguyahan, cuma sekitar 7 km dari Pantai Baron. Jadi, cuma dalam waktu singkat, kamu bisa menjelajahi 4 pantai eksotis yang berbeda.

tracking pantai kayu arum gunungkidul jogja
trekking pantai kayu arum gunungkidul jogja (unhde/X)


Trekking

Kalau bawa kendaraan sendiri, parkir aja di Baron Technopark. Terus, ikutin petunjuk buat ke Pantai Kayu Arum. Biasanya, trekkingnya butuh waktu sekitar 30 menit sampe pantainya, dengan jarak kurang lebih 1,5 km. Di jalan, kamu bakal lewatin ladang warga dan mendaki bukit.... seru!

Perbekalan

Tapi, karena pantai ini belum dikelola profesional, sebaiknya persiapkan diri dengan baik sebelum datang. Bawa air minum, bekal makanan secukupnya, pakaian ganti, dan jangan lupa tisu buat jaga-jaga. Fasilitas umum masih terbatas, tapi mungkin seiring berjalannya waktu, akan lebih baik.

Kalau kamu adalah petualang sejati yang suka nyari yang tersembunyi, pantai ini wajib banget kamu kunjungi. Lebih seru lagi kalau kamu camping bareng teman-teman. Yang penting, jangan lupa bawa sampahmu dan buang di tempat yang seharusnya, ya, biar pantainya tetap indah. Selamat menjelajah!

ombak pantai kayu arum gunung kidul jogjakarta
ombak dan pasir putih pantai kayu arum gunung kidul jogja (unhde/X)

Snorkeling

Jika kamu hobi snorkeling, Pantai Kayu Arum juga punya kehidupan bawah laut yang menarik. Jadi, jangan lupa bawa perlengkapan snorkelingmu untuk eksplorasi bawah laut yang seru!

Baca Juga: Wisata Terbaru di Gunungkidul