Pantai Nguyahan

Nih, teman-teman! Gue bakal cerita nih tentang tempat seru banget di Yogyakarta, tepatnya di Gunungkidul, yaitu Pantai Nguyahan. Ini beneran tempat yang kece banget, tapi mungkin banyak dari kalian yang belum tahu, jadi gue mau share pengalaman gue ke sini.

foto pantai nguyahan gunungkidul yogyakarta
pantai nguyahan gunungkidul

Jadi, namanya Pantai Nguyahan, katanya asal dari bahasa Jawa "nguyah" dan "uyah," yang artinya "garam." Nama ini dipake karena dulu tempat ini dipakai buat produksi garam.

Yang bikin Nguyahan ini istimewa tuh karena alamnya yang masih alami banget. Kalo dateng di hari biasa, biasanya enggak terlalu rame sama wisatawan, jadi enak banget buat santai. Ada gubug-gubug dari bambu yang asik buat nongkrong sambil nikmatin pemandangan alamnya, suara ombak yang adem, dan angin laut yang seger banget.

foto pantai nguyahan gunungkidul jogja
pantai nguyahan gunungkidul jogja

Pantai ini juga terkenal banget sama kebersihannya, dan enggak banyak yang ngerti, tapi sebenernya Pantai Nguyahan ini cuma sekitar 200 meter dari Pantai Ngobaran. Cuma ada bukit kecil aja yang ngepisahin. Jadi, dari parkiran Pantai Ngobaran, kalian bisa jalan kaki sebentar dan langsung dapet pantai dengan pasir putih yang luas banget. Di sepanjang pantainya, ada gubug-gubug dan warung makan yang nambah asik suasana pantainya.

Jalan menuju pantai ini memang belum terlalu bagus, tapi tenang aja, enggak terlalu berat juga kok buat nyampe ke sini. Siapa tahu, nanti ada pengembangan lebih lanjut. Yang pasti, pengalaman di sini pasti sebanding lah sama usaha kalian.

pantai nguyahan gunungkidul view dari atas
pantai nguyahan gunungkidul view dari atas

Pas udah di Pantai Nguyahan, banyak banget kegiatan yang bisa kalian lakuin. Bisa selfie keren sama latar belakang pantai, coba mancing, atau berenang, tapi tetep hati-hati ya, soalnya ombaknya bisa besar dan dateng tiba-tiba. Buat yang suka petualangan, bisa juga nge-camping bareng temen-temen di sini.

Alamatnya ada di Kec. Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, deket banget sama Pantai Ngobaran, kurang lebih 200 meter ke arah barat. Jadi, jangan lewatkan kesempatan buat explore tempat ini, ceritain pengalaman kalian, dan bikin kenangan yang nggak bakal bisa dilupakan!

Baca Juga: Daftar Wisata di Gunungkidul