Curug Tegalrejo

Curug Tegalrejo adalah salah satu tujuan wisata selain pantai di Gunungkidul Yogyakarta.

foto curug tegalrejo bayat gunungkidul

Figure 1: Foto Curug Tegalrejo Gunungkidul

Berwisata ke suatu tempat tidak selalu harus mahal. Bagi Anda yang tinggal di Jogja atau sedang berlibur di Jogja, mencari tempat piknik yang jarang diketahui orang namun dengan budget yang terjangkau pasti sangat menyenangkan. Salah satu destinasi yang layak dikunjungi adalah Curug Indah Tegalrejo.

Curug Indah Tegalrejo, atau yang biasa disebut Curug Bayat oleh penduduk sekitar, terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Curug ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Bayat yang masuk dalam wilayah Klaten. Oleh karena itu, sering disebut Curug Bayat karena akses menuju curug ini lebih mudah melalui Bayat, Klaten.1

gambar curug air terjun tegalrejo bayat gunungkidul

Figure 2: Curug Tegalrejo Gunungkidul

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, rute yang dapat diambil adalah Yogyakarta – Prambanan – Srowot -Wedi – Bayat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda dua.

Akses ini lebih mudah dibandingkan melalui jalan Wonosari yang memakan waktu sekitar 2 jam. Suara gemericik air dan udara sejuk akan menyambut kedatangan Anda di tempat ini.

Untuk mencapai lokasi Curug, Anda perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari tempat parkir kendaraan. Untuk mencapai curug paling atas, Anda harus berjalan kaki kembali sekitar 5 menit melalui jalan setapak atau menyusuri pinggir sungai. Curug Indah Tegalrejo memiliki banyak curug dengan ketinggian dan bentuk yang beragam, serta kolam di bawahnya yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk berendam atau bermain air.

Curug Indah Tegalrejo memiliki beberapa tingkatan curug, masing-masing dengan ketinggian yang berbeda. Di sini, Anda dapat menemukan spot foto yang menarik yang sebaiknya Anda dokumentasikan menggunakan smartphone Anda.

Potensi curug ini sangat besar, dengan total 6 curug dengan ketinggian beragam dan jarak yang tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain itu, setiap curug dilengkapi dengan kolam berbagai ukuran.

Sayangnya, fasilitas di Curug Indah Tegalrejo terbatas. Tidak ada tempat sampah, toilet, atau kamar mandi di sekitar curug. Satu-satunya fasilitas yang tersedia adalah tempat penitipan sepeda motor yang dikelola seadanya oleh masyarakat setempat.

Tidak ada biaya tiket masuk untuk masuk ke area wisata Curug Indah Tegalrejo, hanya biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,- yang harus dibayar pengunjung.

Curug Bayat terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Footnotes:

1

Bayat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kecamatan ini berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan. https://id.wikipedia.org/wiki/Bayat,_Klaten