Wisata Sleman

Terakhir diperbarui: 10 September 2023

Gunung Merapi
Oleh Ananta Chandra Priambodo - Karya sendiri, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=59574380

Faktanya wisata Jogja itu tidak hanya di Jogja, tapi sebagian juga berada di Sleman, salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Jogja di sisi utara.

Berikut ini beberapa daftar destinasi wisata Sleman terbaru (2023):

Wisata Sleman

  1. Ledok Sambi
  2. Desa Wisata Pulesari Turi Sleman
  3. Griya Persada Kaliurang
  4. Hamzah Batik Kaliurang
  5. Suraloka Zoo
  6. Kids Fun Yogyakarta

Wisata Sejarah dan Budaya

  1. Kedaton Ambarrukmo

Wisata Kuliner Sleman

  1. Pawon Mbah Gito
  2. Kopi Klotok


Kapan Waktu Terbaik?

Sebisa mungkin hindari musim puncak liburan, seperti liburan akhir tahun atau liburan sekolah, karena hampir dapat dipastikan Jogja macet parah.

Tips Merencanakan Liburan

Wisata Jogja tidak akan selesai ditempuh kalau hanya dalam waktu sehari. Contoh saja, Kids Fun Yogyakarta memiliki areal yang sangat luas dengan berbagai wahana yang tersedia, minimal membutuhkan waktu sehari. 

Liburan kan enaknya ya dinikmati... dengan sedemikian banyaknya tujuan wisata, akan jauh lebih bijaksana kalau ke Jogja sekalian menginap biar lebih banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Tentang Sleman

Sleman adalah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Terletak di bagian utara provinsi, antara kota Yogyakarta di selatan, dan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Klaten (di Provinsi Jawa Tengah) di barat laut dan timur laut. Bagian utara kira-kira berbentuk segitiga, menurun dari Gunung Merapi di puncak utara, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di barat, utara, dan timur.

Sleman adalah tujuan wisata yang populer, terkenal dengan situs bersejarahnya, keindahan alam, dan atraksi budaya. Beberapa tujuan wisata paling populer di Sleman antara lain:

  • Candi Prambanan, Situs Warisan Dunia UNESCO
  • Ratu Boko, kompleks candi Hindu
  • Gunung Merapi, gunung berapi aktif
  • Kaliurang, kawasan dingin di utara Yogyakarta

Sleman juga lokasi bagi sejumlah institusi pendidikan, termasuk Universitas Gadjah Mada, universitas terbesar di Indonesia.