Liburan Seru di Suraloka Zoo - Sebuah Wahana Wisata Terbaru di Kaliurang

Siapa yang taunya kalo kebun binatang di Jogja cuma Gembira Loka aja...? hayooo... ngacung.... Sekarang sudah ada wahana kebun binatang baru di Jogja utara (sleman tepatnya) yang bernama Suraloka Zoo. Kalo jaman kecil dulu, ada guyonan semisal wisata ke kebun binatang itu berarti madhakke rupo (menyamakan wajah) dengan binatang-binatang yang ada di sana.... biasanya sih langsung marah kalo ada yang diledekin seperti itu... 😆

Lokasi

Oke... Suraloka Zoo atau lebih lengkapnya Suraloka Interactive Zoo terletak di Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kurang lebih 26 kilometer dari pusat kota Jogja. Kalau dulu tidak banyak tujuan wisata di area Kaliurang, sekarang sudah sangat berbeda, saat ini wisata di wilayah utara Jogja sedang berkembang sangat pesat, terlihat dari kepadatan lalu lintas jalan-jalan yang mengarah ke utara (jakal, jamal, jalan monjali), terlebih ketika week end tiba.... enakan naik motor kalau sekiranya ndak perlu bawa mobil.

Profil

Kebun Binatang Suraloka sendiri menjadi destinasi favorit saat ini, setelah menikmati kopi klothok di pagi hari, biasanya rombongan langsung menuju ke area Kaliurang untuk menikmati view pegunungan dengan sensasi ademnya. Dengan lebih dari 400 satwa unik dan wahana bermain anak, Suraloka juga dilengkapi dengan Orchid House untuk pengembangan tanaman anggrek. Berdiri sejak 2021, Suraloka juga dilengkapi dengan resto yang menghadirkan makanan enak dan lezat.

wahana bermain kereta thomas suraloka jogja
foto wahana bermain anak - kereta Thomas - suraloka
copyright @yogya.org

Untuk ukuran kebun binatang, tempatnya termasuk tidak terlalu luas tapi terorganisir dengan cukup baik, jadi tidak usah khawatir kecapekan di sana. Beberapa area utama yang ditawarkan seperti kebun binatang interaktif, kawasan pelestarian tanaman, wahana bermain, restoran dan fasilitas publik.

Hewan apa saja yang ada di Suraloka? Di kebun binatang interaktif, Anda akan menemukan beragam satwa, termasuk burung, reptil, mamalia, ikan, dan amfibi (penulis sendiri pernah diajak untuk memegang ular Python yang tentunya jinak dan pasti didampingi sama pawangnya). Beberapa di antaranya adalah satwa langka yang dirawat dengan baik, memberikan kesempatan belajar yang berharga bagi anak-anak yang mengunjungi Suraloka.

Disadur dari official website Suraloka, beberapa jenis unggas yang tersedia diantaranya, Merak Biru, Kakatua Hitam, Kakaktua Mollucan, Merpati Ekor Kipas, Burung Hantu Tytoalba dan Burung Sun Conour (betet). Untuk Mamalia, ada Guinea Pig, Banded Mangoose, Landak Mini Albino, Kuda Pony Common Marmoset, Kambing Merino. Untuk Amfibi, ada Kura-kura Red Cherry, Blue Poison Dart Frog, Kura Kura Dada Merah, Dumpy Frog, Katak Pacman, African Bull Frog. Untuk jenis Reptil, ada Ball Phyton, Kura Kura Sulcata, Bearded Dragon, Soa Layar, Chameleon, Red Tegue. Banyak pokoke... 😊

Tak hanya itu, bagi penggemar anggrek, Suraloka Orchid House menjadi tempat khusus untuk tanaman anggrek. Di sini, Anda dapat melihat koleksi anggrek dari berbagai belahan dunia yang sedang dikembangbiakkan, bahkan membeli tanaman anggrek ini jika Anda ingin membawanya pulang.

wahana bermain kebun binatang suraloka
wahana bermain suraloka zoo
copyright @yogya.org

Suraloka juga menawarkan fasilitas lain, seperti restoran yang menyajikan makanan nusantara dan hidangan barat, cocok untuk bersantap bersama keluarga. Wahana bermain di Suraloka Interactive Zoo juga dirancang khusus untuk memberikan pengalaman bermain yang mengedukasi dan ramah anak-anak.

Baca Juga: Renang di Griya Persada Kaliurang

Tips

Sedikit tips jika ingin berkunjung ke Suraloka, sebaiknya parkir di dalam Hotel Griya Persada saja (sebelah utara Suraloka), karena areanya bersebelahan, dan pemiliknya masih sama, lebih nyaman dan di Griya Persada sendiri ada kolam renang dan beberapa spot untuk foto yang cukup instragrammable.

spot foto griya persada kaliurang jogja
spot foto instagrammable di dalam griya persada kaliurang jogja
copyright @yogya.org


foto taman asri griya persada kaliurang jogja
instagrammable banget @griya persada kaliurang jogja
copyright @yogya.org


area parkir griya persada kaliurang
foto area parkir griya persada kaliurang
copyright @yogya.org

Jam Buka

09:00 - 17:00

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket sengaja tidak kami masukkan di sini, takutnya ada perubahan harga. Tapi yang jelas masih terjangkau kok.