Kedaton dan Keraton

gambar keraton tempo dulu
foto keraton tempo dulu

Sudah tau bedanya kedaton dengan keraton? Karena penasaran, kami mencoba untuk explore lebih jauh beda antara keraton dengan kedaton di Wikipedia.

Keraton

Menurut Wikipedia, Keraton (dalam bahasa Jawa disebut kraton atau karaton) adalah lokasi di mana seorang penguasa (raja atau ratu) menjalankan pemerintahannya atau tempat tinggal resminya, yang juga berfungsi sebagai istana. Dalam penggunaan sehari-hari, istilah "keraton" sering mengacu pada kompleks istana penguasa di Nusantara. Dalam Bahasa Jawa, kata "karaton" (ke-ratu-an) berasal dari akar kata "ratu," yang menggambarkan jabatan penguasa. Hubungan etimologis ini juga dapat ditemukan dalam Bahasa Melayu melalui kata "datuk" atau "datu." 

Kedaton

Di dalam lingkungan keraton, kita juga mengenal istilah "kedhaton" atau "kadhaton," yang memiliki akar kata dari "datu." Di Keraton Surakarta, istilah "kedhaton" mengacu pada bagian tertutup di dalam kompleks keraton yang digunakan oleh raja dan keluarganya. Biasanya, masyarakat yang tinggal di sekitar keraton memiliki gelar kebangsawanan yang khusus. Kalau di Jogja, ada Kedaton Ambarrukmo yang menurut sejarah, memang dulunya adalah tempat tinggal keluarga kerajaan Sultan Hamengku Buwono VII.

Baca Juga: Kedaton Ambarrukmo