Hutan Wanagama Gunungkidul

Gambar Hutan Wanagama Gunungkidul Jogja
treking di hutan wanagama gunungkidul (@infojogja/X)

Pesona wisata di Gunungkidul biasanya selalu berhubungan dengan pantai-pantainya yang eksotis, tapi tau gak, di sini ada satu tempat yang unik banget, namanya Hutan Wanagama. Semakin terkenal karena lokasi ini dijadikan salah satu tempat syuting film KKN di Desa Penari yang bergenre horor itu. Berarti angker dong? Ndaaak... karena sejatinya hutan ini adalah hutan lindung yang dikelola oleh kampus UGM.

Sejarah Hutan Wanagama

Dulu, tempat ini adalah lahan tandus, kering, dan panas banget. Tapi, sejak tahun 1964, para akademisi dari Fakultas Kehutanan (FKT) Universitas Gadjah Mada, bareng warga setempat, melakukan reboisasi dengan menanam pohon di area ini. Hasilnya sekarang udah keren banget, mirip hutan asli dengan tanaman-tanaman yang lebat dan beragam.

Hutan Wanagama jadi rumah buat lebih dari 40 jenis binatang dan lebih dari 1.000 jenis tumbuhan. Di sini ada tiga mata air yang gak pernah kering, lho. Mata air dari Sungai Oya, Sendang Ayu, dan Banyu Tibo ini berguna banget buat warga sekitar, terutama buat keperluan sehari-hari. Selain itu, hutan ini punya tanaman-tanaman keren kayak pohon Jati, pinus, dan lain-lain. Sekarang, Hutan Wanagama ini jadi tempat wisata di Gunungkidul.

Baca Juga: Museum Kayu Wanagama

Apa yang Bisa Dilakukan di Hutan Wanagama?

Mereka udah siapin fasilitas buat pengunjung, seperti tempat camping, outbond, hiking, wisma, aula, sarana kebersihan seperti toilet, dan lainnya. Jadi, kalo kamu mau ke sini, udah gak usah khawatir soal fasilitas.

Yang seru banget adalah camping di sini. Bisa juga buat acara bareng temen-temen atau organisasi. Fasilitasnya memadai, bisa untuk ratusan orang. Kalo kamu suka olahraga di alam bebas, terutama di dalam hutan, Hutan Wanagama ini tempat yang tepat. Selain itu bagi yang hobi fotografi outdoor, di hutan ini tentu banyak spot-spot menarik, dan masih banyak lagi yang bisa dilakuin.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Gunungkidul

Nah, yang penting juga, Hutan Wanagama masih digunakan buat praktik mahasiswa FKT UGM. Mereka melakukan berbagai penelitian buat menjaga hutan Indonesia agar tetap lestari dan mengembalikan lahan kritis jadi hutan hijau lagi.

Menikmati keindahan hutan yang dulu tandus banget ini pasti petualangan yang gak terlupakan. Dulu, gara-gara penebangan liar, sekarang jadi hutan yang segar, nyaman, dan punya manfaat buat kehidupan sekitarnya.

Jam Buka 

Pengunjung bisa menikmati fasilitas-fasilitas seru di Hutan Wanagama mulai dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore. Tapi kalau ada rencana buat kunjungan atau acara di luar jam itu, tinggal ngehubungin tim pengurus lokal aja, gampang!

Lokasi Hutan Wanagama Gunungkidul

Lokasinya ada di desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kalau dari Yogyakarta, sekitar 35 km, sekitar satu jam perjalanan pake kendaraan. 

Harga Tiket Masuk

Tiket masuknya cuma 5 ribu aja. So, buat yang suka alam, tempat ini wajib banget dicoba.