Pantai Kukup

Pantai Kukup adalah salah satu destinasi unik yang sebaiknya Anda kunjungi saat liburan di Jogja. Terletak di Gunungkidul, Jogja, pantai ini memikat dengan keindahan alamnya yang menggabungkan bukit karang, pantai berpasir putih, dan sebuah bukit kapur yang memagari pantai tersebut. Salah satu ciri khas Pantai Kukup adalah adanya batu karang raksasa yang menjorok ke laut dan terhubung oleh sebuah jembatan. Batu karang ini dikenal dengan nama Karang Pulau Jumino dan telah dilengkapi dengan gazebo tempat pengunjung dapat beristirahat.1

foto pantai kukup sore hari sunset

Figure 1: senja pantai kukup gunungkidul yogya (twitter: @tiwilagis)

Batu karang ini bukan hanya tempat beristirahat, tetapi juga lokasi terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Pantai Kukup dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jogja, dengan latar belakang laut lepas yang mempesona. Selain itu, pantai ini juga menawarkan berbagai spot foto yang menarik dan eksotis.

Selama perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang rindang yang memberikan kesegaran, diperkuat lagi dengan hembusan angin laut yang membuat kunjungan Anda semakin nyaman. Keunikan lainnya dari Pantai Kukup adalah kekayaan biota lautnya, termasuk ikan hias berwarna-warni.

foto pantai kukup gunungkidul senja sunset jogja

Figure 2: pantai kukup gunungkidul jogja

Bagi para penggemar memancing, pantai ini juga cocok sebagai tempat memancing ikan laut. Di sekitar pantai, Anda akan menemukan penjual ikan hias2, belut, dan bintang laut jika Anda tertarik memelihara makhluk-makhluk laut ini.

Namun, perlu diingat bahwa berenang di Pantai Kukup tidak disarankan karena ombaknya cukup besar dan dapat berubah tiba-tiba, dengan ketinggian mencapai hingga 4 meter. Lokasi Pantai Kukup berada di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan terletak di antara Pantai Baron dan Pantai Sepanjang. Jadi, pastikan Anda mengunjungi pantai ini dengan mematuhi aturan keselamatan yang ada.

Pantai ini berdekatan dengan Pantai Baron dan dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Pengunjung dapat menyewa payung pantai yang tersusun di sepanjang garis pantai. Pantai ini menawarkan berbagai aktivitas, termasuk mengunjungi Karang Pulau Jumino, menikmati keindahan pantai, bermain di pasir, berjemur, dan snorkeling.

Informasi terbaru yang kami terima, untuk harga tiket masuk ke Pantai Kukup adalah Rp10.000, dengan biaya tambahan untuk parkir, yaitu Rp2.000 untuk sepeda motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus. Meskipun tidak ada jam buka resmi, disarankan untuk mengunjungi pantai ini di pagi hari dan pulang pada sore hari. Pantai Kukup terkenal dengan keanekaragaman hayati lautnya, sering disebut sebagai akuarium alami di Jogja, dengan berbagai jenis ikan, kerang, bulu babi, dan rumput laut.

Footnotes:

1

sering disebut juga dengan Pulau Jumino, pulau batu karang ini sering diidentikkan dengan Tanah Lot di Pulau Bali.

2

Cocok untuk liburan bersama keluarga. Anak-anak biasanya suka beli ikan hias di pantai ini.