Pantai Sarangan Gunungkidul

Jangan sampai salah dengan Sarangan yg ada di Magetan Jawa Timur lho ya… kalau yang ini jelas asli gunungkidul…. Pemandangan alam di Gunungkidul selalu bikin kagum, dan selalu ada yang baru. Di sini emang surganya pantai di Yogyakarta, dan kali ini kita mau bahas dua destinasi wisata keren sekaligus, yakni Pantai Sarangan dan Bukit Giri Sarangan yang memang lokasinya berdekatan.

foto ombak pantai sarangan gunungkidul jogja

Figure 1: Foto Pantai Sarangan Gunungkidul (twitter @leawjm)

Pantai Sarangan Gunungkidul memiliki pantai dengan bentuk seperti teluk kecil yang melengkung dengan garis pantai yang nggak terlalu panjang, sekitar 200 meteran aja. Tapi jangan salah, di sini jamin gak akan kecewa, karena di sampingnya ada tebing yang gak kalah cantik, yang memisahkan pantai ini dengan Pantai Krakal. Hamparan pasir putih yang luas dan ombak yang gak terlalu besar, cocok buat yang pengen berenang atau sekadar menikmati keindahan alam. Jangan lupa bawa kamera buat abadikan momen seru di pantai ini bersama gebetan teman kamu!

Tak kalah menariknya adalah Bukit Sarangan. Dari atas bukit ini, kita bisa lihat pemandangan eksotis sejauh mata memandang. Garis pantai Krakal, Pantai Sadranan, bahkan sampai Pantai Sundak semua bisa kita lihat dari sini.

Bukit Giri Sarangan Gunungkidul

Bukit Sarangan ini punya goa yang menghadap ke laut, tempat favorit burung walet buat bersarang. Dari atas bukit, kita bisa menikmati sunset dan sunrise yang spektakuler, gak ada penghalang sama sekali karena bukit ini menjorok ke laut.

Selain sunset dan sunrise, pemandangan di sekitar Pantai Krakal, seperti Pantai Slili, Pantai Ngandong, Pantai Sadranan, Pantai Song Mandeng, Pantai Sundak, dan Pantai Pulang Sawal juga gak kalah menakjubkan. Bisa selfie, foto dokumentasi, atau hunting prewedding (pra-wedding), semua bisa dilakukan di sini. Buat yang suka camping, boleh bawa tenda dome dan menginap di sini juga, seru banget!

Rute ke Bukit dan Pantai Sarangan

Pantai Sarangan ada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.