Pantai Drini

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Provinsi Yogyakarta yang terkenal dengan sejumlah objek wisata pantai yang layak untuk dikunjungi saat Anda berada di Yogya. Salah satunya adalah Pantai Drini, sebuah destinasi unik yang memiliki dua wajah pantai berbeda dan ditengahnya terdapat sebuah pulau kecil yang menawan.

batuan karang pantai drini gunungkidul jogja

Figure 1: Batuan Karang Pantai Drini Gunungkidul Yogya

Pantai Drini memang istimewa di antara pesisir pantai selatan Gunungkidul. Di sisi barat, Anda akan menemukan tempat berlabuhnya kapal nelayan dengan karakter ombak yang cukup besar dan kedalaman yang memadai untuk keperluan pelabuhan. Di sisi timur, terdapat teluk yang menyerupai laguna besar, dihiasi oleh rumput laut, batu karang, dan beragam biota laut. Airnya begitu jernih sehingga Anda dapat melihat dasar pantai dengan mata telanjang. Perairan di pantai ini dangkal dan ombaknya tenang, menciptakan suasana ideal untuk bermain, berenang, berfoto bersama keluarga atau teman, serta menikmati aktivitas memancing ikan.

anak balita bermain perahu di pantai drini gunungkidul yogya

Figure 2: Bermain Perahu Sambil Bermain Air di Pantai Drini

Di antara dua wajah pantai tersebut terdapat sebuah pulau karang cantik yang disebut Pulau Drini. Pulau ini membagi Pantai Drini menjadi dua bagian. Anda dapat mengunjungi Pulau Drini ketika air laut surut melalui anak tangga beton yang telah disediakan, memudahkan pengunjung mencapai puncak pulau. Dari sana, Anda dapat menikmati pemandangan menakjubkan, termasuk gazebo dengan atap alang-alang dan deretan perahu nelayan yang berwarna-warni. Pulau Drini juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Pantai Drini, meskipun Pohon Drini yang legendaris telah tiada, digantikan oleh pandan laut yang tumbuh subur di tanah yang subur ini.1

pasir putih pantai drini bersih gunungkidul jogja

Figure 3: Pasir Putih Pantai Drini

Setelah menikmati panorama Pantai Drini dari atas, Anda dapat menuruni pulau dan mencoba hidangan seafood di warung sekitar. Gazebo-gazebo beratap daun ilalang disediakan di sebelah timur pantai, tempat ideal untuk bersantai sambil menikmati semilir angin dan panorama indah pantai. Pengunjung yang haus atau lapar dapat memesan berbagai hidangan lezat yang tersedia di sini.

puncak pulau drini gunungkidul yogya

Figure 4: Puncak Pulau Drini

Tidak hanya menyajikan makanan cepat saji, warung-warung di sekitar Pantai Drini juga menawarkan olahan ikan laut segar. Anda bahkan dapat membeli ikan langsung dari nelayan dan meminta warung untuk mengolahnya sesuai selera Anda.

menikmati matahari terbenam di pulau drini gunungkidul jogja

Figure 5: Menikmati Sunset di Pulau Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, sekitar 1 kilometer di sebelah timur Pantai Sepanjang.

Footnotes:

1

Pohon Drini (Pemphis acidula), termasuk tanaman perdu dengan tinggi mencapai 1 m. Nama lainnya Sentigi Laur. Ciri pohon ini berakar tunggang, batang tidak lurus memiliki banyak cabang, daun tunggal, berbentuk bulat telur, berwarna hijau muda, bunga berwarna putih terletak di ujung cabang. Pohon ini banyak tersebar di Pantai Drini dan Pantai Ngobaran Gunungkidul. Drini dimanfaatkan sebagai tanaman hias (bonsai) dan bahan pembuatan kerajinan. http://kehati.jogjaprov.go.id/detailpost/drini