Pantai Greweng

Berlibur di pantai memang sangat menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama-sama dengan rekan kerja atau teman sekolah. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang sebuah pantai yang indah dan masih jarang dikunjungi oleh banyak orang. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah karena belum terlalu ramai pengunjung. Namanya adalah Pantai Greweng Gunungkidul.

foto camping di pantai greweng gunungkidul jogja

Figure 1: Camping di Pantai Greweng Gunungkidul Yogyakarta

Gunungkidul dikenal karena memiliki spot pantai-pantai yang memikat dengan pasir putihnya, ideal sebagai lokasi camping. Salah satunya pasir putih yang menakjubkan di Pantai Greweng adalah anugerah Tuhan yang indah. Objek wisata ini terbilang belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, sehingga masih terjaga keasriannya, bener-bener perfect spot buat camping.

Momen sunrise dan sunset adalah dua momen istimewa yang bisa Anda dapatkan di Pantai Greweng. Jika merasa dingin dan ingin membuat api unggun, disediakan juga kayu seharga 10 ribu rupiah. Jangan lupa buat para wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan dan tak kalah pentingnya menjaga tata krama dan tingkah laku ketika berkunjung ke pantai ini.

Fasilitas yang tersedia, toilet buat Anda yang ingin berkemah atau sekadar menikmati suasana pantai. Di dekat pantai juga ada pemukiman warga yang siap membantu jika Anda ingin camping. Jangan lupa bawa perbekalan, takutnya pas sampe sana pas warungnya tutup, nanti malah repot sendiri.

foto-camping-pantai-greweng-gunungkidul-jogja.jpg

Figure 2: Pantai Greweng Gunungkidul Jogjakarta

Untuk mencapai Pantai Greweng, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum sampai ke Pantai Wediombo. Dari sana, kendaraan dapat diparkir di area parkir yang telah disediakan. Setelah tiba di Pantai Wediombo, perjalanan menuju Pantai Greweng dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak. Rute ini melibatkan trekking sejauh kurang lebih 3 kilometer, memakan waktu sekitar 1 jam. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang masih sangat alami, melintasi ladang-ladang penduduk setempat serta melewati perbukitan yang memperlihatkan keindahan warna biru air laut dari kejauhan.

Harga tiket masuk dan tarif parkir ke Pantai Greweng:

Keterangan Harga
Tiket Masuk 10000
Parkir Motor 3000
Parkir Motor Inap 5000
Parkir Mobil 5000
Parkir Mobil Inap 10000

Pantai Greweng buka terus dari hari Senin sampai Minggu atau buka setiap hari. Namun, kalau bisa hindari pas musim liburan, takutnya pas rame, jadi kurang terasa nyaman. Pagi dan sore hari adalah jam favorit berkunjung ke pantai ini, selain karena cuaca tidak terlalu panas, juga pagi dan sore adalah golden hour buat yang hobi fotografi.

Lokasi Pantai Greweng berada di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883, sebelah timur Pantai Wediombo (jarak sekitar 3km), berdekatan dengan Pantai Sedahan.