Tahura Taman Hutan Raya Bunder

Bosan wisata pantai? pengen sesuatu yang beda? Coba pertimbangkan Taman Hutan Raya Gunungkidul. Objek wisata ini tidak menariknya dengan pantai. TAHURA, demikian tempat wisata ini sering disebut, menawarkan pengalaman petualangan yang unik di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta.

foto taman hutan raya playen gunungkidul

Figure 1: Taman Hutan Raya Gunungkidul

Taman Hutan Raya (TAHURA) Gunungkidul terletak di kawasan konservasi Hutan Bunder, Pathuk, Gunungkidul. Bersebelahan dengan Rest Area Bunder yang sering digunakan untuk kegiatan camping oleh mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta, TAHURA memiliki posisi yang sangat strategis. Sejalur dengan jalan menuju Wonosari, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pengunjung yang menyukai objek wisata yang masih alami.

Dengan luas mencapai 634 hektar, kawasan Tahura di Bunder merupakan area konservasi yang masih aktif digunakan untuk keperluan penelitian, baik oleh para peneliti lokal dari Yogyakarta maupun peneliti dari luar Yogyakarta. Keberagaman flora dan fauna yang ada di dalam kawasan Tahura menjadi objek penelitian bagi para ilmuwan yang mengunjungi tempat ini.

Di kawasan Tahura ini, ada sungai yang mengalir dengan tenang, yaitu sungai Oya. Sungai ini membelah hutan, memberikan suasana yang sejuk dan nyaman bagi pengunjung.

Aroma harum dari pohon kayu putih menyelimuti udara, menciptakan pengalaman yang memikat. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat penangkaran (konservasi) Rusa yang menjadi daya tarik tersendiri di sini.

Jika Anda ingin menjelajahi lebih banyak, Anda juga bisa mengunjungi Sendang Mole yang mempesona dan Pabrik Penyulingan Kayu Putih yang telah berdiri sejak tahun 1980-an.

TAHURA juga sering digunakan untuk berburu foto prewedding, dengan latar belakang pohon pinus yang tumbuh berjajar dan menjulang tinggi membuat foto menjadi semakin estetik dan instragrammable.

Kawasan wisata ini berdekatan dengan Hutan Wanagama dan Museum Kayu Wanagama yang sering digunakan untuk pusat penelitian dan pendidikan. Lokasi Taman Hutan Raya terletak di Gading, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.