Pantai Mbirit

Jika Anda mencari sunrise atau sunset, lupakan pantai ini, karena bukan pantai yang cocok untuk menikmati itu.

Pantai Mbirit (Birit) adalah pantai kecil sekaligus terpencil yang terletak di bagian barat Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini dikelilingi oleh dua tebing karang besar yang memberinya tampilan yang unik dan eksotis.

foto pantai birit gunungkidul jogja

Figure 1: foto objek wisata karang pantai birit jogja

Pantai ini dikenal dengan suasana yang tenang dan pemandangan alam yang indah, termasuk pasir putih, air biru jernih, dan bukit hijau yang rimbun. Daerah ini masih relatif tidak dikenal oleh wisatawan, sehingga menjadi tujuan yang ideal bagi mereka yang mencari tempat liburan yang tenang dan terpencil.

Beberapa kegiatan yang dapat Anda nikmati di Pantai Mbirit termasuk trekking, camping, memancing, dan mengambil foto pemandangan yang indah.1 Pantai ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berselancar, meskipun ombaknya bisa cukup tinggi pada saat-saat tertentu.2

Jika Anda berencana mengunjungi Pantai Mbirit, Anda dapat membayar tiket masuk sebesar IDR 5.000 per orang. Pantai ini buka 24 jam sehari, sehingga Anda dapat mengunjunginya kapan saja sesuai dengan waktu yang nyaman bagi Anda.

foto pantai birit gunungkidul jogja

Figure 2: foto pantai birit gunungkidul jogja

Untuk mencapai Pantai Mbirit, Gunung Kidul, Yogyakarta, pelancong sering mengambil jalur melalui Pantai Ngeden yang terletak di barat Pantai Ngobaran. Di pertigaan sebelum mencapai Pantai Ngeden, arahkan kendaraan Anda ke kanan menuju Pantai Butuh. Setibanya di lokasi parkir, pengunjung perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 15 menit.

Karena rutenya melibatkan bukit-bukit kecil, disarankan untuk memakai sepatu sandal yang nyaman sesuai dengan medannya. Jangan lupa kacamata hitam dan topi, tikar, payung, dan baju cadangan.

Anda dapat mengunjungi Pantai Mbirit ketika air laut sedang surut, atau menjelang siang hari hingga sebelum sore hari. Hal ini karena pantai ini bukan merupakan lokasi yang bagus untuk menikmati matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset).

Footnotes:

1

Trekking adalah aktivitas outdoor dengan berjalan kaki, menempuh jarak yang panjang dan mendaki.

2

Tetap utamakan keselamatan, pantai selatan terkenal dengan ombak yang ganas.